Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup



Ilmu Biologi mempelajari sesuatu yang hidup. Seorang ahli biologi mempelajari kehidupan dengan berbagai cara. Mereka berinteraksi langsung dengan gorilla, mengumpulkan fosil, mendengarkan suara paus, mengisolasi virus, menumbuhkan jamur dan lain- lain.

Apa yang membuat sesuatu dikatakan hidup. Ada beberapa ciri-ciri sesuatu dikatakan hidup (ciri-ciri makhluk hidup), yaitu :

1.      Penyusunnya

Semua makhluk hidup tersusun dari satu sel atau lebih. Sel sendiri tersusun dari atom, atom menyusun molekul, molekul menyusun organel sel, begitu seterusnya sampai pada tingkat individu. Individu sendiri akan menyusun struktur tingkatan-tingkatan dalam suatu komunitas.

makhluk midup tersusun dari sel


makhluk hidup tersusun dari sel
Gambar 1. Ciri-ciri makhluk hidup

2. Merespon stimulus

Semua makhluk hidup merespon rangsangan. Contohnya adalah tanaman tumpuh kearah cahaya, hal tersebut juga karena tanaman merespon suatu stimulus.

3. Tumbuh, Berkembang dan Bereproduksi

Semua makhluk hidup Tumbuh, Berkembang dan Bereproduksi.Mereka akan mewariskan sifat-sifat yang disimpan dalam DNA ke generasi selanjutnya.



4. Metabolisme

Semua makhluk hidup memiliki system metabolisme dan system regulasi yang akan menopang fungsi-fungsi organnya, misalnya menyuplai nutrient untuk sel, suplai oksigen dan lain-lain.

5. Homeostatis

Homeostatis adalah kemampuan makhluk hidup untuk mempertahankan kondisi internal dalam tubuhnya yang berbeda dengan kondisi lingkungan.

Demikian postingan tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup, semoga bermanfaat.



Load disqus comments

0 comments