Endosimbiosis Merupakan Permulaan Sel Eukariotik

Endosimbiosis Merupakan Permulaan Sel Eukariotik


Simbiosis merupakan hubungan interaksi antara 2 spesies organisme yang saling menguntungkan. Sedangkan Endosimbiosis juga merupakan bentuk simbiosis. Endosimbiosis menerangkan tentang asal usul dari sel eukariotik. Sebuah sel prokariotik awalnya menelan prokariotik yang lain. Sel yang ditelan tersebut tetap  hidup dan mendapatkan beberapa nutrisi dari dalam sel yang menelan. Menurut teori endosimbiosis sel yang menelan tersebut merupakan awal dari eukariotik sedangkan sel yang ditelan tersebut adalah mitokondria dan kloroplast. Mitokondria mulanya adalah bakteri yang dapat melakukan metabolism oksidatif dan kloroplastn mulanya adalah bakteri fotosintetik.
Teori endosimbiosis memiliki banyak bukti-bukti yang mendukung, yaitu :
- Mitokondria dan kloroplast memiliki dua membran, membran dalam merupakan membran yang dimiliki sel itu sendiri sedangkan membran dalam diduga merupakan membran plasma atau retikulum endoplasma dari sel yang dulu menelannya.
- Mitokondria dan Kloroplast memiliki ukuran yang sama dengan ukuran bakteri.
- Cristae yang dibentuk oleh membran dalam mitokondria menyerupai lipatan membran beberapa kelompok bakteri

- Mitokondria dan bakteri memiliki DNA sirkular seperti bakteri. Keduanya juga dapat membelah diri layaknya bakteri saat memperbanyak diri.




Gambar terbentuknya membran ganda pada mitokondria dan kloroplast yang diduga hasil endosimbiosis



Load disqus comments

0 comments