Komunikasi Antar Sel

Jumlah sel dalam tubuh jumlahnya milyaran. Tiap sel membutuhkan senyawa, unsur, ion dll dari sel-sel lain sehingga tiap-tiap sel berinteraksi antar sesamanya atau sering disebut dengan komunikasi antar sel. Ada 4 mekanisme  Komunikasi antar sel yaitu :
1. Kontak / komunikasi langsung terdiri dari protein,
            Permukaan / membran sel  eukariotik karbohidrat, dan lipid menempel dan menonjol keluar. Beberapa sel ada yang saling menempel sehingga satu rangkaian  protein menempel dan masuk ke dalam membran 2 membran sekaligus. Protein tersebut biasanya adalah protein transporter sehingga dimanfaatkan oleh kedua sel untuk berkomunikasi / berinteraksi. Interaksi yang seringkali dilakukan adalah pertukaran beberapa senyawa yang saling dibutuhkan.
2. Paracrine Signaling
            Molekul - molekul sinyal dilepaskan oleh sel, kemudian berdifusi melalui
cairan ekstraselular ke sel lainnya. Ketika molekul sinyal ini masuk ke sel yang lain, molekul tersebut akan segera dihancurkan atau dikeluarkan oleh sel sel penerima tersebut sehingga reaksi dari molekul sinyal terbatas hanya ketika molekul sinyal belum dihancurkan atau dibuang. Oleh karena itu sinyal hanya berumur pendek dengan efek lokal. Interaksi / komunikasi sel dengan kontak langsung dan paracrine Signaling sangat berperan dalam awal perkembangan suatu organ.

3. Endocrine Signaling
            Jika molekul-molekul sinyal pada paracrine Signaling dilepaskan dalam cairan ekstraseluler, molekul-molekul sinyal pada endocrine signaling bercampur dengan darah, masuk ke peredaran darah dan beredar keseluruh tubuh menuju sel target sehingga sel target letaknya bisa sangat jauh dari sel penghasil signal. Molekul-molekul sinyal tersebut sering disebut dengan endokrin.

4. Synaptic Signaling

Synaptic Signaling adalah interaksi / komunikasi antar sel pada sistem syaraf. Molekul sinyal disebut dengan neurotransmitter. Neurotransmitter dikirim oleh sel-sel syaraf yang sangat panjang hingga ke sistem syaraf pusat.

cell communication
Komunikasi antar sel; komunikasi langsung, Paracrine Signaling,  Endocrine Signaling, Synaptic Signaling

Load disqus comments

0 comments