Membran Sel

Struktur Membran Sel makhluk Hidup

Membran yang membungkus semua sel makhluk hidup adalah 2 lapis lipid yang sering disebut dengan fosfolipid bilayer. Fosfolipid tersusun dari gliserol (3 atom carbon) yang ditempeli oleh 2 rangkain asam lemak dan 1 phosphorylated alcohol. phosphorylated alcohol bersifat polar karena ikatan hydrogennya mengikat air. Sedangkan bagian asam lemak bersifat non polar. Pada gambar diagram, fosfolipid sering digambarkan sebagai sebuah bagian kepada yang bersifat polar dengan 2 ekor yang bersifat non-polar.

Struktur fosfolipid
Struktur fosfolipid yang terdiri dari bagian polar dan non polar

Jika fosfolipid berada dalam air, melekul air yang polar dan bagian ekor fosfolipid yang non-polar akan saling tolak menolak sehingga jika ada 2 lapisan fosfolipid dalam air, bagian ekor akan saling berdekatan membentuk 2 lapisan yang disebut dengan fosfolipid bilayer.

fosfolipid bilayer
Fosfolipid Bilayer yang merupakan 2 lapis fosfolipid membentuk membran sel
Fosfolipid bilayer berbentuk mosaic fluid yaitu tiap bagian lapis bergerak namun antara kedua ekor masih tetap berikatan.
Selama bertahun-tahun, ahli biologi berpikir bahwa fosfolipid bilayer seperti cat yang menutupi sel, dan protein-protein menutupi bagian luar dan bagian dalam fosfolipid. Model tersebut diajukan oleh Davson-Danielli pada tahun1935 dan diterima secara luas. Namun pada tahun 1960, penelitian tentang protein membran berkembang dan bertentangan dengan model fosfolipid yang diajkuan oleh Davson-Danielli. Tidak seperti kebanyakan protein, protein membran tidak terlalu larut dalam air dan bagian non-polar memiliki peregangan yang panjang. Jika protein menyelimuti fosfolipid bilayer seperti model Davson-Danielli, bagian nonpolar akan memisahkan bagian polar fosfolipid bilayer dari air dan mengakibatkan fosfolipid bilayer memisah. Namun hal tersebut tidak terjadi, fosfolipid bilayer masih tetap utuh.
Pada tahun 1972, S. Singer dan G. Nicolson merevisi model dari fosfolipid bilayer. Mereka mengusulkan model bahwa protein-protein globular masuk ke dalam  fosfolipid bilayer. Bagian non-polar dari protein bersentuhan dengan bagian non-polar dari fosfolipid bilayer sedangkan bagian polar dari protein menonjol kebagian permukaan membrane fosfolipid bilayer. Model tersebut disebut dengan mosaic fluid. Sebuah mosaic protein mengapung di membrane fosfolipid bilayer seperti perahu yang mengapung di air.

Struktur membrane sel
Membran sel makhluk hidup terdiri dari beberapa komponen, yaitu :
1. Fosfolipid bilayer
2. Protein transmembrane
3. Filamen Aktin
4. Glikoprotein dan glikolipid

Macam- macam protein membran
1. Protein transporter
            Protein transporter adalah protein pada membran sel yang berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya senyawa-senyawa yang diperlukan atau yang akan dibuang oleh sel.
2. Katalis ( enzim )
            Sel melakukan banyak reaksi enzimatis yang dikatalis oleh protein-protein yang menempel pada membran sel.
3. Reseptor sel
            Protein pada membran sel ada yang berfungsi untuk mengenali suatu senyawa tertentu jika terjadi kontak dengan senyawa tersebut.

4. Penanda Identitas
            Membran sel memiliki protein yang memiliki kombinasi khusus sehingga dapat dibedakan dengan sel lain

5. Perlekatan antar sel

6. Penempelan pada sitoskeleton

protein membran
Tipe protein membran / macam protein membran

Transport pasif pada membran
Difusi
Difusi adalah pergerakan suatu ion atau molekul dalam air dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Banyak melekul-molekul yang diperlukan di dalam sel namun molekul-molekul tersebut jika bersifat polar tidak akan dapat melintasi bagian non polar dari fosfolipid bilayer. Molekul yang bersifat polar harus melewati sebuah protein transporter yang ada dalam membran sel. Setiap molekul memiliki protein transporter yang spesifik sehingga membran sel bersifat selective permeable.
Osmosis
Osmosis adalah pergerakan air dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.



Load disqus comments

0 comments