Mekanisme Kerja Enzim


Sebelum memulai pembahasan tentang enzim, perlu dipelajari beberapa istilah, yaitu :
- Energi aktivasi
Energi aktivasi adalah minimal energi yang dibutuhkan agar suatu reaksi kimia dapat berlangsung
- Katalis
Katalis adalah suatu senyawa atau molekul yang dapat menurunkan energi aktivasi pada suatu reaksi.
Enzim dalam tubuh makhluk hidup berperan sebagai katalis dalam berbagai reaksi,
Enzim menstabilkan ikatan antar substrat dalam suatu reaksi, menyebabkan substrat saling berikatan pada orientasi yang tepat atau atau menekan suatu ikatan kimia tertentu dalam substrat sehingga menurunkan energi aktivasi. Reaksi kimia yang katalis oleh enzim disebut dengan reaksi enzimatis. Enzim pada suatu rekasi enzimatis akan meningkatkan laju reaksi tetapi struktur enzim tidak akan berubah.
Sebagai contoh reaksi antara karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) yang membentuk asam karbonat ( H2CO3 )
CO2 + H2O à  H2CO3

Reaksi tersebut dapat berjalan di dalam sel namun karena membutuhkan energi aktivasi reaksi tersebut berjalan lambat dan hanya dihasilkan 200 molekul asam karbonat ( H2CO3 ) namun dengan adanya enzim carbonic anhydrase dalam sel, energy aktivasi reaksi tersebut menjadi rendah dan berlangsung lebih cepat terbukti dapat dihasilkan 600,000 molekul asam karbonat ( H2CO3 ).

Enzim yang merupakan protein globular mempunyai sebuah sisi aktif. Sisi aktif dari enzim sangat spesifik dan hanya fit untuk substrat tertentu saja. Sisi aktif tersebut akan berikatan dengan substrat membentuk kompleks enzim-substrat untuk mengakatalisis reaksi kimia. Sisi aktif dari enzim sangat spesifik dan hanya fit untuk substrat tertentu saja. Setelah reaksi enzimatis terjadi, hasil produk dari reaksi akan memutuskan ikatan dengan enzim kemudian enzim kembali berikatan dengan substrat lain untuk dikatalisis. Berikut contoh dari reaksi katalisis sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa :

reaksi enzimatis pada katabolisme sukrosa
reaksi enzimatis pada katabolisme sukrosa

1. Substrat berupa sukrosa yang terdiri dari glukosa dan fruktosa, glukosa tersebut fit dengan sisi aktif enzim
2. Sukrosa dan enzim saling berikatan membentuk komplex sukrosa-enzim
3. Reaksi enzimatis terjadi, ikatan antara molekul glukosa dan fruktosa terputus.
4. Dihasilkan glukosa dan fruktosa yang kemudian akan memutus ikatannya dengan enzim dan enzim kembali mengikat sukrosa lain untuk dikatalisis.
Load disqus comments

0 comments