Struktur Virus


Setelah membahas tentang sejarah penemuan virus pada postingan (SEJARAH PENEMUAN VIRUS), kali ini kami akan membahas tentang struktur virus. Virus merupakan partikel yang sangat kecil. Virus hanya berukuran sekitar 20 nanometer (nm), sehingga ukuran virus lebih kecil daripada ukuran ribosom. Seperti yang telah dijelaskan dalam postingan sebelumnya bahwa Wendell Stanley mampu mengkristalkan partikel virus. Beberapa penelitian telah menghasilkan fakta tentang struktur virus. Virus terdiri dari materi genetik dan protein yang membungkusnya.

1. Materi Genetik

Materi genetik yang dimiki oleh virus bervariasi. Materi genetik virus dapat berupa double-stranded DNA, single-stranded DNA, double-stranded RNA, dan single-stranded RNA. Selain itu materi genetik virus juga ada yang tersusun secara sirkuler dan juga ada yang tersusun linear. Virus terkecil hanya memiliki 3 gen dalam genom nya dan virus terbesar  memiliki beberapa ratus hingga beberapa ribu sel.

2. Kapsid

Kapsid adalah protein yang membungkus materi genetik pada virus. Bentuk kapsid bermacam-macam tergantung jenis atau tipe virus. Kapsid tersusun dari sub unit yang disebut dengan Kapsomer (capsomeres). Tobacco mosaic virus (TMV) mempunyai struktur kapsid yang keras berbentuk batang. Tersusun dari ribuan sub unit (Kapsomer) yang membentuk heliks. Oleh karena itu, virus yang mempunyai kapsid dengan bentuk batang dinamakan dengan virus heliks (helical viruses). Adenovirus, virus yang menyerang saluran pernafasan hewan, mempunyai struktur kapsid yang tersusun dari 252 protein identic (sub unit) dan membentuk polyhedral (polyhedral capsid) dengan 20 sisi segitiga (icosahedron) sehingga disebut dengan virus icosahedral (icosahedral virus).
Beberapa virus memiliki struktur aksesori yang berfungsi untuk membantu menginfeksi inangnya. Seperti virus influenza, Virus influenza memiliki struktur aksesori berupa selubung membran yang mengelilingi kapsid. Selubung tersebut tersusun dari fosfolipid dan protein membran dari sel inang serta protein dan glikoprotein dari virus.
Kapsid yang paling kompleks dimiliki oleh bakteriofag (bacteriophage). Bakteriofag adalah virus yang menginfeksi bakteri. Bakteriofag yang pertama kali dipelajari Bakteriofag penginfeksi Escherichia coli, terdiri dari tujuh tipe, yaitu tipe 1 (T1), tipe 2 (T2), tipe 3 (T3) hingga tipe 7 (T7) dinamai sesuai urutan waktu ditemukan. Bakteriofag T2, T4, dan T6 mempunyai struktur yang sangat mirip yaitu kapsid yang dimilikinya berbentuk kepala icosahedral memanjang dan didalamnya terdapat  materi genetik. Terdapat pula ekor yang menempel pada kapsid dan berfungsi untuk menempel pada bakteri.


Berikut adalah beberapa bentuk struktur kapsid virus :

berbagai struktur virus
Gambar 1. Baris atas adalah gambar skematis struktur virus, baris bawah adalah hasil pengamatan mikroskop elektron; a). Tobacco mosaic virus (TMV) mempunyai kapsid struktur berbentuk batang, b). Adenovirus mempunyai struktur kapsid berbentuk icosahedral, c). kapsid virus Influenza diselubungi oleh selubung membran, d). Bacteriophage T4, mempunyai struktur kapsid yang kompleks, tersusun dari struktur kepala dan ekor.


Load disqus comments

0 comments