Media Bakteri : Media Simmons Citrate Agar atau Media SCA


Media Simmons Citrate Agar atau Media SCA adalah salah satu media untuk uji biokoima bakteri. Uji Biokimia bakteri bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat biokimia suatu bakteri. Jika sifat-sifat biokomia bakteri telah diketahui, maka bakteri tersebut dapat dibedakan dengan yang lain atau dapat mengetahui sebenarnya bakteri yang diteliti tersebut adalah bakteri apa.

Media Simmons Citrate Agar dikembangkan oleh Koser pada awal tahun 1920. Awalnya koser mengunakan media cair yang serupa dengan Media Simmons Citrate Agar untuk membedakan antara  fecal coliform dan non fecal coliform. fecal coliform adalah coliform yang ada dalam tinja.

Media Simmons Citrate Agar adalah media yang digunakan untuk mengetahui apakah bakteri mampu memetabolisme atau menggunakan sitrat (citrate) sebagai sumber energinya.

Prinsip  dari media Media Simmons Citrate Agar

Bakteri yang mampu menggunakan sitrat (citrate) sebagai sumber energinya dapat menghasilkan enzim citrate-permease. Enzim citrate-permease mengubah sitrat (citrate) menjadi piruvat (Pyruvate). Piruvat kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan ATP di dalam siklus Kreb. Jika ditumbuhkan dalam media Simmons Citrate Agar akan mengubah warna media Simmons Citrate Agar menjadi warna biru. Hal tersebut disebabkan karena bakteri yang memetabolisme sitrat (citrate) akan menghasilkan amonia (ammonia). Bertambahnya amonia (ammonia) di dalam media akan meningkat pH dari media (media bertambah basa).
Di dalam media Simmons Citrate Agar terdapat bromthymol blue. Jika pH media naik diatas pH 7.6, maka warna media akan berubah menjadi warna biru.
Oleh karena itu, jika bakteri mampu memetabolisme sitrat (citrate) maka media Simmons Citrate Agar akan berubah menjadi warna biru

Media Simmons Citrate Agar, Media Simmons Citrate Agar adalah, SCA adalah, media bakteri, media bakteri untuk uji biokimia, biokimia bakteri, uji biokimia bakteri, fecal coliform, Prinsip  dari media Media Simmons Citrate Agar, Komposisi Media Simmons Citrate Agar, cara membuat media Media Simmons Citrate Agar, bagaimana membuat Media Simmons Citrate Agar, Penggunaan Media Simmons Citrate Agar, Media Simmons Citrate Agar berwarna apa, praktikum bakteri, praktikum bakteriologi, cara membuat media bakteri
Bakteri yang dapat memanfaatkan sitrat sebagai sumber energinya jika ditumbuhkan pada media Simmons Citrate Agar akan tumbuh dan warna media akan berubah menjadi biru


Komposisi Media Simmons Citrate Agar

Media Simmons Citrate Agar dapat langsung di beli, atau di buat sendiri. Banyak Media Simmons Citrate Agar pabrikan yang sudah siap dipakai, seperti Media Simmons Citrate Agar dari Merch atau Himedia. Namun apabila ingin membuat media Simmons Citrate Agar sendiri, berikut komposisi media Simmons Citrate Agar untuk pembuatan media Simmons Citrate Agar sebanyak 1 Liter :
Sodium Chloride (NaCl)                                 5.0 gram
Sodium Citrate (dehydrate)                            2.0 gram
Ammonium Dihydrogen Phosphate               1.0 gram
Dipotassium Phosphate                                   1.0 gram
Magnesium Sulfate (heptahydrate)                 0.2 gram
Bromothymol Blue                                         0.08 gram
Agar                                                                15.0 gram

Catatan :
Semua media dilarutkan dalam Aquades steril pada suhu 250C. pH 6.9
-  Ammonium Dihydrogen Phosphate merupakan sumber nitrogen.
- Dipotassium Phosphate merupakan buffer
- Sodium Chloride berfungsi untuk memelihara keseimbangan osmotik
- Magnesium Sulfate berfungsi sebagai kofaktor pada berbagai reaksi metabolik.


Penggunaan Media Simmons Citrate Agar

- Media Simmons Citrate Agar digunakan untuk membedakan bakteri gram negatif (-) yang mempu memetabolisme sitrat (citrate) dan yang tidak mampu memetabolisme sitrat (citrate).
- Media Simmons Citrate Agar digunakan untuk membedakan sitrat positif (+) Salmonella enteritidis dan anggota Salmonella subgenus II, III, IV antara sitrat negatif (-) Salmonella typhi, Salmonella paratyphi A, Salmonella pullorum dan Salmonella gallinarum.
- Media Simmons Citrate Agar digunakan untuk membedakan :
- Escherichia (-) dan Shigella spp negatif sitrat (-) dari Enterobacteriaceae (+)
- Edwardsiella spp. (-) dari Salmonella spp (+)
- Serratia proteamaculans (+) dari  Yersinia pseudotuberculosis (-) dan Yersinia enterocolitica (-)
- Klebsiella- group Enterobacter (+) dari E. coli (-)
- Proteus rettgeri (+) dari Morganella morganii biogroups 1 and 2 (-)
- Yokenella regensburgei (+) dari Hafnia alvei (-)
- Leminorella grimontii (+) dari L. richardii (-)
- Acidovorax delafieldii (+) dari A. facilis (-) dan  A. temperans (-)

 

Contoh Bakteri

Contoh bakteri yang dapat menggunakan sitrat (citrate) sebagai sumber energi :
- Serratia
- Spesies dari Enterobacter, Citrobacter, Klebsiella, Proteus dan Providencia kecuali Morganella morganii dan Klebsiella rhinoscleromatis.

Contoh bakteri yang tidak dapat menggunakan sitrat (citrate) sebagai sumber energi :
- Escherichia coli
- Shigella
- Yersinia
- Edwardsiella

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan Media Simmons Citrate Agar
- Jangan memberi sumber lain atau hindarkan sumber energi lain selain sitrat (Citrate) sehingga tidak menimbulkan false positif
- Beberapa bakteri mampu tumbuh pada Media Simmons Citrate Agar namun tidak menimbulkan perubahan warna. Bakteri yang tumbuh pada Media Simmons Citrate Agar dianggap mampu memetabolisme sitrat (Citrate) walaupun tidak timbul perubahan warna.
- Hasil yang meragukan perlu diulang
- Hasil dari test metabolisme asam sitrat menggunakan Media Simmons Citrate Agar tidak cukup untuk digunakan untuk test tunggal dalam identifikasi spesies.
- Inokulum harus dari biakan murni, biakan bakteri yang diinkubasi overnight, serta dari media padat bukan media cair.

Demikian Postingan kali ini tentang Media Bakteri : Media Simmons Citrate Agar atau Media SCA. Semoga Bermanfaat


Kata Kunci :
Media Simmons Citrate Agar, Media Simmons Citrate Agar adalah, SCA adalah, media bakteri, media bakteri untuk uji biokimia, biokimia bakteri, uji biokimia bakteri, fecal coliform, Prinsip  dari media Media Simmons Citrate Agar, Komposisi Media Simmons Citrate Agar, cara membuat media Media Simmons Citrate Agar, bagaimana membuat Media Simmons Citrate Agar, Penggunaan Media Simmons Citrate Agar, Media Simmons Citrate Agar berwarna apa, praktikum bakteri, praktikum bakteriologi, cara membuat media bakteri







Load disqus comments

0 comments