Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Bakteri Escherichia coli


Tujuan Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Escherichia coli


Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Escherichia coli bertujuan untuk mengidentifikasi Escherichia coli dalam sampel uji.

Dasar Teori Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Escherichia coli


Bakteri Escherichia coli dibedakan menjadi tiga, yaitu :
1. EPEC (Enteropathogenic Escherichia coli) adalah bakteri coli yang bersifat patogen
2. ETEC (Enterotoxigenic Escherichia coli) adalah bakteri coli yang dapat menghasilkan toksin, sehingga menimbulkan sakit seperti Vibrio cholera eltor. Dikenal 2 macam toksin yang dihasilkan oleh bakteri ETEC (Enterotoxigenic Escherichia coli) yaitu stabile toxin (ST) dan labile toxin (LT). Pemeriksaan atau pengujian Stabile toxin (ST)  dilakukan dengan percobaan biologis menggunakan tikus yang berumur 4 hari, sedangkan Pemeriksaan atau pengujian labile toxin (LT) dilakukan dengan metode ELISA (The enzyme-linked immunosorbent assay)
3. EIEC (Enteroinvasive Escherichia coli), adalah bakteri coli dapat menimbulkan penyakit seperti bakteri coli penyebab disentri
Ketiga macam bakteri  Escherichia coli tersebut mempunyai sifat biokimia dan karekteristik yang sama jika diuji dan dibiakkan dalam media sehingga untuk mengisolasinya dilakukan cara yang sama. Hanya untuk identifikasi akhir membutuhkan cara yang berbeda tergantung jenisnya.


Sampel yang diuji dalam Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Bakteri Escherichia coli biasanya adalah faeces / rectal swab dan makanan atau minuman.

Cara Pemeriksaan dalam Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Bakteri  Escherichia coli meliputi :
1. Pembiakkan bakteri Escherichia coli
2. Isolasi media selektif
3. Uji biokimia
4. Tes serologi

Tahapan Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Bakteri  


Praktikum Hari ke-1

1. Untuk mengisolasi bakteri Escherichia coli yang berasal dari makanan atau minuman, sampel makanan atau minuman sebanyak 3-5 gr/ml ke dalam media enrichment yaitu selenith broth, dan inkubasi dalam inkubator selama 1 x 24 jam pada suhu 370C
2. Untuk mengisolasi  bakteri Escherichia coli yang berasal dari faeces atau rectal swab, sampel uji langsung ditanam pada media enrichment yaitu selenith broth, dan inkubasi dalam inkubator selama 1 x 24 jam pada suhu 370C.

Praktikum Hari ke-2

1. panaskan jarum ose hingga merah membara secara tegak lurus
2. ambil 1 ose bakteri dari tabung biakan bakteri Escherichia coli
3. tanamkan pada media isolasi yaitu Eosin Methylene Blue (EMB) agar secara zig zag atau garis lurus
4. inkubasi dalam inkubator selama 1 x 24 jam pada suhu 370C dengan posisi terbalik.

Praktikum Hari ke-3

1. ambil media isolasi yang sebelumnya telah diinkubasi dalam inkubator
2. lihat koloni yang tumbuh pada media isolasi dengan ciri-ciri sebagai berikut :
Pada media endo agar agar, ciri-ciri koloni positif Escherichia coli adalah koloni bakteri berwarna merah tua metalik, besar-besar, cembung, smooth.
Pada media MC (Mac Conkey) Agar, ciri-ciri koloni positif Escherichia coli adalah koloni berwarna merah, keruh, smooth, sedang-besar, cembung.
Pada media EMB (Eosyn Methylen Blue) Agar, ciri-ciri koloni positif Escherichia coli adalah koloni berwarna hijau metalik tengah berwarna ungu tua, sedang, keping, smooth.
3. dari koloni yang positif (+) Escherichia coli, ambil 1 koloni kemudian ditanam pada media untuk pengujian biokimia yaitu uji gula-gula panjang (glukosa, laktosa, manitol, maltosa, sakarosa, uji indol, Uji Metyl Red (MR), Uji Voges Proskauer (VP), uji penggunaan citrat, uji pergerakan / motility bakteri (SIM), uji Triple Sugar Iron Agar (TSIA)
4. inkubasi dalam inkubator selama 1 x 24 jam pada suhu 370 C.



Hari ke-4

1. baca hasil yang tumbuh pada test biokimia dan bandingkan dengan tabel hasil pemeriksaan berikut
Identifikasi Escherichia coli, cara Identifikasi Escherichia coli, jenis jenis Bakteri Escherichia coli, Tujuan Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Escherichia coli, Dasar Teori Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Escherichia coli, Tahapan Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Bakteri , macam macam pengujian untuk identifikasi bakteri Escherichia coli,Pembacaan hasil identifikasi bakteri Escherichia coli
Tabel Identifikasi Bakteri Escherichia coli

Pembacaan hasil
- pengujian pada media Glukosa, laktosa, manitol, maltosa, sakarosa dinyatakan positif (+) gas jika terdapat gelembung gas pada tabung durham dan warna media berubah menjadi kuning.
- uji indol dinyatakan positif (+) jika terbentuk cincin merah pada permukaannya setelah ditetesi dengan reagen kovaks melalui dinding dalam tabung.
- Uji Voges Proskauer (VP) dinyatakan positif (+) jika warnanya berubah menjadi merah bata atau merah kecoklatan setelah ditambahkan ditambahkan 0,6 ml alpha nafthol dan 0,2 ml KOH dan dipanaskan.
- uji Metyl Red (MR) dinyatakan positif (+) jika terbentuk warna merah setelah media ditambahkan 3-5 tetes methyl red.
- uji penggunaan sitrat dinyatakan positif (+) jika warna media berubah menjadi biru
- uji pergerakan / motility bakteri (SIM) dinyatakan positif (+) jika terbentuk struktur seperti awan putih di sekitar bagian media yang diinokulasikan bakteri
- pada uji Triple Sugar Iron Agar (TSIA), k/k adalah lereng dan dasar berwarna kuning. dinyatakan (+) gas jika media agar terangkat dari dasar/ terdapat rongga pada media. Dinyatakan (+) H2S jika terdapat warna hitam pada media


2. dilakukan test aglutinasi dengan menggunakan antiserum yang sesuai dengan jenis bakteri yang dicurigai.

Cara kerja test aglutinasi
- siapkan object glass yang bersih dan steril
- ambil 1-2 ose antiserum yang sesuai dengan bakteri
- ambil dengan jarum ose sedikit koloni dari media TSIA
- campurkan dengan larutan antiserum pada object glass, kemudian goyang amati ada tidaknya aglutinasi

Hasil
Positif (+) Escherichia coli jika terjadi aglutinasi
Negatif (-) Escherichia coli jika tidak terjadi aglutinasi

Demikian Postingan tentang Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Bakteri Escherichia coli, Semoga Bermanfaat

Kata Kunci :
Identifikasi Escherichia coli, cara Identifikasi Escherichia coli, jenis jenis Bakteri Escherichia coli, Tujuan Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Escherichia coli, Dasar Teori Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Escherichia coli, Tahapan Praktikum Bakteriologi tentang Identifikasi Bakteri , macam macam pengujian untuk identifikasi bakteri Escherichia coli,Pembacaan hasil identifikasi bakteri Escherichia coli
Load disqus comments

0 comments