Cara membuat latar belakang sebuah karya Ilmiah

Dalam postingan ini akan dibahas tentang bagaimana membuat latar belakang. Kenapa pembuatan latar belakang susah susah dibahas disini. Yah,, betul. Karena pembuatan latar belakang  merupakan suatu yang sangat penting dalam pembuatan karya ilmiah bahkan mungkin bagian yang terpenting.

Bagaimana cara membuat latar belakang?, latar belakang skripsi, cara membuat latar belakang proposal, bagian bagian latar belalang
Membuat Latar Belakang

Kok bisa?
Iya, karena dalam latar belakang itulah penulis harus mampu membeberkan berapa banyak teori yang telah diketahui, mengungkapkan permasalahan dan memberikan solusi penyelesaian.
Bahkan dalam memberikan suatu penilaian terhadap suatu karya ilmiah, para penilai kebanyakan terfokus membaca latar belakangnya.
Keberhasilan suatu proposal juga  sangat dipengaruhi oleh bagaimana penulis mengungkapkan urgensi dari kepentingan proposal tersebut.

Baca Juga : Radikal Bebas, Stres Oksidasi, Diabetes Mellitus dan Kerusakan Hati

Ada beberapa poin yang setidaknya harus dituliskan dalam latar belakang suatu karya ilmiah, yaitu :

1. Fenomena atau Kejadian
Fenomena atau kejadian yang dimaksudkan harus tertulis di suatu karya ilmiah adalah peristiwa-peristiwa yang mendasari atau menyebabkan suatu permasalahan terjadi. Adapun permasalahan yang dimaksud adalah permasalahan dalam tema proposal karya ilmiah yang akan diselesaikan.

2. Permasalahan
Poin wajib dalam  latar belakang suatu karya ilmiah tentunya harus ada permasalahan karena hampir semua karya tulis ilmiah bertujuan memberikan pemecahan terhadap suatu masalah.

3. Pemecahan masalah
Setelah dipaparkan suatu masalah, tentunya di dalam latar belakang suatu proposal atau karya ilmiah harus dituliskan pemecahan masalah yang akan diangkat atau diusulkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pemecahan masalah yang diusulkan atau yang diberikan sebaiknya suatu penyelesaian yang benar benar solutif, inovatif,  kreatif dan belum ada sebelumnya. Penyelesaian masalah yang diusulkan atau diangkat dalam suatu proposal atau karya ilmiah merupakan inti penulisan proposal atau karya tulis tersebut. Jika proposal diajukan dengan tujuan untuk mendapatkan pendanaan, maka ide pemecahan masalah yang dituliskan akan sangat menentukan diterima atau tidaknya proposal tersebut untuk memperoleh pendanaan. Jika tujuan pembuatan proposal karya ilmiah adalah sebagai syarat kelulusan kuliah (baca : skripsi, tesis, disertasi) maka ide pemecahan masalah yang dituliskan akan sangat menentukan apakah proposal tersebut disetujui dosen pembimbing atau tidak. Sekedar pengalaman ya, kalau proposal atau judul skripsi ditolak dosen itu sakit loh, sakitnya melebihi sakit ketika " ditinggal rabi".

4. Referensi yang mendukung pemecahan masalah.
Setelah ada pemecahan masalah, di dalam latar belakang suatu proposal atau karya ilmiah harus dituliskan beberapa hasil hasil penelitian, penemuan atau referensi yang mendukung pemecahan masalah tersebut jika ada. Kok jika ada?
Iya, jika memang ada, karena kalau pemecahan masalah tersebut merupakan hal baru yang belum pernah ada, tentu akan sangat sulit mencari referensi pendukung.

Jangan lupa untuk menggabungkan poin-poin diatas secara runtut dan lugas sehingga  menjadi satu kesatuan latar belakang yang enak dibaca dan mudah dipahami.

Baca Juga : Adaptasi Proteomic selama Stres Oksidatif

Saya akan memberi satu contoh membuat latar belakang dari proposal penelitian yang berjudul "Penanganan Sampah Menggunakan Bakteri Pendegradasi Plastik"

Pertama kali kali yang harus dituliskan untuk membuat proposal dengan judul tersebut adalah fenomena yang ada. Fenomenanya adalah saat ini terjadi peningkatan penggunakaan kantong plastik di masyarakat.

Poin kedua yang harus dituliskan adalah permasalahan. Masalah yang muncul dari fenomena tadi adalah sifat kantong plastik sulit dihancurkan secara alami di lingkungan dan berpotensi mencemari lingkungan.

Poin ketiga yang perlu dituliskan selanjutnya adalah pemecahan masalah. Pemecahan masalah yang ditawarkan dari proposal tersebut harus diungkapkan yaitu    mendegradasi plastik dengan bakteri. Penanganan sampah dengan metode tersebut tergolong unik dan baru karena belum pernah ada serta berpotensi sebagai penyelesaian masalah sampah plastik yang muncul di masyarakat.

 Setelah menuliskan ide pemecahan masalah, Poin ke empat yang harus dituliskan adalah beberapa referensi atau penelitian terdahulu yang mendukung ide penyelesaian masalah tersebut. Misalnya menuliskan hasil penelitian yang pernah melakukan isolasi bakteri pendegradasi plastik. Tentunya poin poin tersebut harus dituliska n seruntut dan selugas mungkin agar enak dan mudah dibaca.

Demikian postingan tentang Cara membuat latar belakang sebuah karya Ilmiah. Terima Kasih.

Load disqus comments

0 comments