Cara Download Buku dan Jurnal Secara Gratis

 

Buku dan jurnal saat ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi para penulis, mahasiwa, dan dosen.

Jurnal yang dimaksud dalam postingan ini adalah jurnal ilmiah. Menurut Wikipedia, Jurnal ilmiah adalah publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah merupakan salah satu bentuk media publikasi karya tulis ilmiah (KTI). Jurnal ilmiah berbentuk kumpulan artikel karya ilmiah yang didahului dengan proses penelaahan sejawat untuk mendapatkan objektivitas setinggi mungkin.

Buku adalah tulisan dari dari seseorang yang ditulis dalam kertas. Yang dimaksud dengan buku dalam postingan ini adalah buku ilmiah, buku yang berisi ilmu pengetahuan, misalnya buku bidang matematika, bidang biologi, bidang fisika dan lain-lain.

Baca Juga : Cara membuat latar belakang sebuah karya Ilmiah

Dosen saat ini dituntut untuk menulis buku dan menulis jurnal untuk laporan beban dosen. Begitu juga dengan mahasiswa, mahasiswa diwajibkan untuk menerbitkan jurnal sebagai syarat lulus. Apalagi mahasiswa S3. Mahasiswa S3 harus menerbitkan jurnal bertaraf internasional agar bisa lulus.

Untuk menulis jurnal, perlu mencari referensi. Referensi tersebut digunakan untuk menambah ilmu yang akan dituliskan. Referensi berupa buku dan jurnal banyak yang gratis namun banyak juga yang berbayar. Sayangnya, jurnal- jurnal yang bertaraf internasional kebayakan berbayar dan tarifnya cukup mahal bagi orang Indonesia. Berikut salah satu contoh harga dan jurnal yang berbayar :

Cara Download Buku dan Jurnal Secara Gratis
Gambar 1. "Interface Science and Technology" salah satu jurnal yang berbayar

Gambar diatas adalah salah satu contoh jurnal internasional yang berbayar. Jika ingin mendownload artikel tersebut kita harus membayar terlebih dahulu. Untuk membayar jurnal tersebut, perlu di klik “Get Access”. Berikut tampilan setelah Get Access” di klik :


Cara Download Buku dan Jurnal Secara Gratis
Gambar 2. Contoh harga suatu jurnal internasional

Pada gambar tersebut terlihat bahwa untuk mendownload artikel harus membayar $ 31,50. Jika kurs $1 sama dengan Rp 13.000, maka $ 31,50 sama dengan Rp. 409.500. Mahal kan?
Namun ada beberapa cara untuk mendownload jurnal berbayar tersebut secara gratis. Salah satunya yaitu dengan mendownload di situs Library Genesis dengan alamat http://gen.lib.rus.ec/. Di situs tersebut pengguna dapat mendownload ebook atau jurnal berbayar secara gratis.

Berikut adalah tampilan depan situs http://gen.lib.rus.ec/ :

Cara Download Buku dan Jurnal Secara Gratis, download jurnal, download buku
Gambar 3. Tampilan situs http://gen.lib.rus.ec/


Download Buku

Untuk melakukan pencarian ebook atau buku digital, isikan judul buku di kolom pencarian serta klik lingkaran di samping tulisan "LibGen (Sci-Tech)" hingga lingkaran tersebut terisi titik biru. Berikut contoh tampilan untuk pencarian buku dengan judul "Campbell Biology" :

Cara Download Buku dan Jurnal Secara Gratis
Gambar 4. setingan download buku libGen

Setelah di setting seperti gambar 4, pilih tombol "search!", maka akan muncul tampilan :

Cara Download Buku dan Jurnal Secara Gratis
Gambar 5. Hasil pencarian buku di libgen (http://gen.lib.rus.ec/)

Gambar 5 merupakan hasil pencarian buku berjudul "Campbell Biology" di situs libgen (http://gen.lib.rus.ec/). Terlihat beberapa hasil yang ditampilkan. Hasil pencarian tersebut dilengkapi dengan nama author, judul (title), penerbit (publisher), tahun terbit (year), jumlah halaman (page), bahasa (language), ukuran file (size), dan format file yang bisa di download (extension).
Pilih hasil yang sesuai. Misalnya pada hasil pencarian diatas (gambar 5) dipilih hasil urutan no.2 dari atas (dilingkari kuning). Untuk mendownload file, lihat di bagian mirror (dilingkari merah). Terlihat ada 5 pilihan, sesuai angka 1 sampai 5, seperti yang terlihat pada gambar. Misalnya dipilih nomor 1, maka tampilannya selanjutnya sebagai berikut :

jurnal gratis
Gambar 6. cara download buku di Library Genesis (http://gen.lib.rus.ec/

Pilih "Get" untuk mendownload.

Download Jurnal
Mendownload jurnal diawali dengan pencarian artikel yang dimaksud. Untuk pencarian artikel pada situs Library Genesis (http://gen.lib.rus.ec/) masukkan judul pada kolom pencarian dan klik lingkaran di samping tulisan "LibGen (Sci-Tech)" hingga lingkaran tersebut terisi titik biru "Scientific articles" hingga lingkaran tersebut terisi titik biru. Berikut contoh tampilan untuk pencarian buku dengan judul "A Simple and a Reliable Method to Quantify Antioxidant Activity In Vivo" :

Cara Download Buku dan Jurnal Secara Gratis
Gambar 7. setingan download jurnal di libGen

Langkah selanjutnya, sama dengan langkah download buku yang telah dijelaskan diatas.

Demikian postingan tentang Cara Download Buku dan Jurnal Secara Gratis. Semoga Bermanfaat






Load disqus comments

0 comments