10 Tanaman yang Cocok Ditanam Pada Musim Hujan

Sebagai negara yang mempunyai iklim tropis maka Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan juga musim hujan. Musim kemarau pada umumnya terjadi pada bulan april sampai September sedangkan pada saat musim hujan itu terjadi pada umumnya mulai dari Oktober sampai bulan Maret.

Faktor yang menentukan keberhasilan dalam menanam tanaman itu bukan cuman sekedar tanah, obat-obatan atau pupuknya. Namun juga ditentukan oleh faktor cuaca dan musim. Air hujan sebenarnya sudah memiliki kandungan nutrisi alami yang bermanfaat buat tanaman kita.

10 Tanaman yang Cocok Ditanam Pada Musim Hujan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 10 tanaman yang cocok dibudidayakan pada saat musim hujan. Berikut penjelasannya :

1. kangkung

Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang dapat hidup di dataran rendah dengan kelembaban yang cukup tinggi bahkan ada jenis kangkung tertentu yang bisa hidup di perairan. Syarat tumbuh tanaman kangkung itu harus memiliki curah hujan yang berkisar antara sedang sampai dengan tinggi. Oleh karena itu kangkung dapat dijadikan alternatif dibudidayakan pada saat musim hujan.

2. Selada

Selada merupakan salah satu sayuran yang cukup bagus dalam menghadapi musim hujan karena dapat tumbuh subur pada kondisi lingkungan yang memiliki kelembaban dan curah hujan yang sedang dengan tingkat penyinaran sinar matahari yang tidak terik. Untuk mencegah terjadinya resiko penyakit maka disarankan untuk memeriksa pH sebelum ditanam. Pastikan pH tanah diantara level 6, 5 sampai 7 dan pastikan tiďak ada air yang menggenang.

3. Bayam

Bayam ternyata juga cocok ditanam pada saat musim hujan karena dengan bantuan air hujan  tanaman bayam akan mengalami pertumbuhan yang cepat dan juga subur.

4.Sawi

Tanaman sawi juga menjadi salah satu alternatif buat dibudidayakan pada saat musim hujan karena tanaman sawi itu dapat hidup dengan curah hujan berkisar antara sedang sampai tinggi. Tanaman sawi pada dasarnya bisa kita budidayakan sepanjang tahun baik di musim hujan maupun di musim kemarau. Namun di musim kemarau Anda harus sering menyiramnya.

5. Padi

Tanaman padi merupakan jenis tanaman yang membutuhkan banyak air pada saat awal pertumbuhannya. Nah itulah alasannya kenapa menanam padi itu banyakan dilakukan pada saat musim hujan. Tanaman padi jika kekurangan pasokan air pada saat awal pertumbuhannya maka akan berpotensi memunculkan serangan hama terutama hama jenis orong-orong. Selain itu padi yang kekurangan air akan mengalami gangguan pertumbuhan sehingga lahan akan dipenuhi oleh gulma.

6. Porang

Dulu sebenarnya porang merupakan tanaman liar namun baru-baru ini mulai banyak dibudayakan. Budidaya porang ternyata memang lebih bagus pada saat musim hujan karena porang menginginkan keberadaan air di dalam masa hidupnya namun jangan sampai tergenang.

7. Terong

Terong dapat menjadi alternatif tanaman pada saat musim hujan karena menurut referensinya bahwa tanaman terong termasuk tanaman yang membutuhkan lebih banyak air di dalam masa kehidupannya. Tetapi perlu diingat juga bahwa lahan untuk tanaman jenis hortikultura seperti terong, cabai dan tomat tidak boleh asam. Jadi pastikan saluran drainasenya atau parit-parit lancar.

8. Pare

Dari beberapa referensi dijelaskan bahwa pada awal pertumbuhannya, tanaman pare tidak banyak membutuhkan sinar matahari sehingga tanaman ini biasanya direkomendasikan untuk ditanam di musim hujan. Kelembaban udara yang dibutuhkan untuk tanaman pare cukup tinggi yaitu berkisar antara 50% sampai 70% dengan tingkat curah hujan sedang.

9. Bawang Daun

Tanaman bawang daun juga merupakan tanaman yang optimal pertumbuhannya pada saat musim hujan. Menurut referensi, tanaman bawang daun membutuhkan curah hujan yang sedang dengan suhu yang cukup rendah. Hal tersebut membuatnya bisa jadi alternatif untuk ditanam pada saat musim musim hujan. Namun disarankan untuk melakukan perawatan secara terus-menerus dan juga pastikan bahwa pH tanahnya itu tidak kurang dari 6,5. pH paling optimal dikisaran 6,5 sampai 7,5.

10. Cabe

Tanaman cabe merupakan tanaman yang harganya mahal di musim hujan dan bisa hidup di musim hujan jadi cabe merupakan salah satu tanaman yang cocok di musim hujan karena dapat mendatangkan banyak duit.

Demikian postingan tentang 10 Tanaman yang Cocok Ditanam Pada Musim Hujan. Semoga bermanfaat.

  

Load disqus comments

0 comments