Morfologi Siklus Hidup dan Gejala Klinis Trichuris trichiura

Trichuris trichiura adalah nematoda yang masuk dalam kelas Adenophorea. Karakteristik kelas Adenophorea  adalah tidak memiliki phasmid atau tidak memiliki sistem ekskresi

Morfologi

Cacing Trichuris trichiura dewasa memiliki bagian anterior panjang dan ramping. Bagian posterior tebal. Bentuk secara keseluruhan seperti cambuk sehingga sering kali disebut dengan cacing cambuk. individu jantan lebih kecil daripada betina.

perbedaan ukuran Trichuris trichiura jantan dan betina
Trichuris trichiura (a) betina (b) jantan

Siklus hidup Trichuris trichiura
Trichuris trichiura dewasa biasanya menempati usus besar inang (manusia). namun juga dapat berada dalam usus buntu dan juga rektum. Trichuris trichiura betina dapat memiliki 5.000 telur setiap harinya. Telur berukuran sekitar 50 x 22 um. Telur kemudian akan terbawa feses keluar dari tubuh manusia. Telur akan mengalami perkemanan pada kondisi lembab dan hangat. Perkembangan Larva di dalam telur membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 minggu. Manusia akan terinfeksi jika makan atau minum dengan makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh telur cacing tersebut.

  1. Siklus hidup cacing jenis ini dimulai dari keluarnya telur trichuris trichiula bersama tinja, telur tersebut akan mengalami pematangan di dalam tanah. Dalam proses ini pematangan telur cacing membutuhkan waktu selama 3 minggu hingga 5 minggu, telur yang sudah matang akan bersifat infektif yang kemudian dapat menginfeksi manusia.
  2. Prosesnya dapat melalui vektor mekanik atau benda lainnya yang telah terkontaminasi. Misalnya tanah telah terkontaminasi oleh tinja manusia (yang mengandung telur cacing cambuk) atau sayuran yang disemprot menggunakan pupuk feses. Infeksi akan langsung terjadi apabila tinja tersebut mengandung terlu yang sudah siap untuk menetas, maka akan menetas didalam usus apabila telur tersebut tertelan oleh manusia.
  3. Dalam proses penetasan telur, maka larva akan keluar melalui dinding telur dan masuk kedalam usus halus. Setelah dewasa, cacing yang berada pada bagian distal usus akan menuju ke daerah colon. Masa pertumbuhan telur menjadi cacing selama 30 hingga 90 hari. Cacing betina dan jantan akan melakukan kopulasi.
  4. Pada saat cacing betina bertelur maka akan bercampur dengan feses di dalam usus besar dan keluar bersama feses. Telur akan mengalami pematangan selam kurang lebih 6 minggu. Proses pematangan akan berjalan dalam tanah yang lembab dan tempat yang teduh. Inang dari trichuris trichiula adalah manusia. Siklus hidup trichuris trichiula berkaitan dengan apa yang dikonsumsi oleh manusia.

gambar siklus hidup Trichuris trichiura
Siklus hidup Trichuris trichiura

Epidemiologi

    Trichuris trichiula (cacing cambuk) dapat ditularkan melalui tanah dan merupakan cacing parasite paling umum. Infeksi ini dapat terjadi di daerah yang terdapat pupuk tinja manusia atau membuang tinja sembarangan terutama di tanah. Cacing dapat menyebar dari manusia ke manusia lainnya melalui penularan tinja-oral atau melalui makanan yang terkontaminasi tinja. Distribusi cacing ini dapat terjadi lebih sering pada daerah dengan cuaca tropis. Penularan ini dapat dicegah dengan tidak membuang tinja di sembarang tempat.

Gejala Klinis Terifeksi Trichuris trichiura

Secara umum, gejala orang yang terinfeksi cacing cambuk, yaitu :

  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Berat badan turun secara drastis

Pasien yang terinfeksi cukup berat dapat menunjukkan gejala seperti berikut :

  • Anemia
  • Diare dan feses bercampur darah
  • Sakit perut, mual dan muntah
  • Terjadi prolapsus rektum akibat mengejan yang sering
  • Terjadi peradangan pada bagian mukosa usus

Langkah Pencegahan supaya tidak terinfeksi Trichuris trichiura
  • Biasakan cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan
  • Cuci tangan setelah berkontak langsung dengan tanah
  • Gunting kuku secara teratur
  • Jangan buang air besar di sembarang tempat
  • Meminum air yang telah dimasak

Pengobatan Infeksi Trichuris trichiura

Pengobatan biasa dilakukan selama 3 hari dengan menggunakan obat sebagai berikut :

  • Albendazole
  • Mebendazol
  • Invermectin

    Infeksi terkadang terjadi lagi setelah pengobatan.

Demikian postingan tentang Morfologi Siklus Hidup dan Gejala Klinis Trichuris trichiura. Semoga Bermanfaat

Load disqus comments

0 comments